February 2, 2023

Disperkim Pasang Lampion di Festival Kuliner Kampung Pecinan

KOTA MADIUN (Disperkim) – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun turut mendukung acara festival kuliner di Kampung Pecinan yang digelar Pemkot Madiun. Dukungan tersebut dibuktikan dengan dipasangnya sejumlah lampu lampion di Jalan Barito, yang dijadikan lokasi acara festival.

“Kita pasang lampion disana, sebagai bentuk dukungan kita dalam acara festival kuliner di Kampung Pecinan,” ujar Kepala Disperkim, Totok Sugiarto, Rabu (18/1).

Dipasang : Petugas Dinas Perkim memasang lampion di Jalan Barito.

Menurutnya, pemasangan lampion di lokasi itu akan disesuaikan dengan konsep acara. Di mana gelaran festival kuliner itu merupakan wujud perhatian pemkot kepada warga kota, khususnya Tionghoa dalam merayakan Imlek.

Dikonfirmasi terpisah Walikota Madiun, Maidi menyatakan, festival kuliner di Kampung Pecinan itu juga sekaligus mengingatkan sejarah masa lalu bahwa di Jalan Barito yang dulu disebut gang tengah, merupakan pusat perdagangan orang-orang Cina. Di jalan Barito itu kata Maidi, dulu juga merupakan pusat diproduksinya beranekaragam roti.

Berwarna : Lampion yang dipasang di Jalan Barito berwarna warni menambah semarak perayaan Imlek 2023.

“Jadi biar masyarakat mengetahui Imlek itu apa, dan sejarah Kampung Pecinan itu seperti apa. Apalagi disitu kan banyak yang produksi kue ya, jadi hasil produk mereka akan dikeluarkan dalam bazar UMKM itu,” katanya.

Seperti diketahui, festival kuliner Kampung Pecinan di Jalan Barito, Kota Madiun berlangsung selama lima hari, 19-23 Januari 2023. Di antaranya ada bazar UMKM serta hiburan dalam rangka turut memeriahkan perayaan Imlek 2574 Kongzili yang tahun ini jatuh pada 22 Januari. (*)