February 2, 2023

Patung Pecel Jalan Pahlawan Kota Madiun Semakin Estetik

KOTA MADIUN (Disperkim) – Patung pecel di Jalan Pahlawan Kota Madiun semakin mempesona setelah sebelumnya dipugar. Bahkan keberadaannya tak kalah ikonik dengan gapura pintu masuk Pahlawan Street Center (PSC).

Kabid Prasarana Utilitas Umum, Pertamanan, PJU, dan Pemakaman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Andi Anto mengatakan, saat ini progresnya nyaris tuntas. Progresnya tinggal menyisakan pemasangan instalasi lighting.

Estetik : Patung pecel di Jalan Pahlawan, Kota Madiun semakin cantik dan estetik.

“Sudah 90 persen selesai, targetnya pertengan bulan ini tuntas,” ujarnya, Selasa (13/12).

Menurut Andi, pemugaran tersebut selaras dengan penataan serta penyempurnaan kawasan PSC. Pondasi tempat patung sengaja dibangun dengan diameter 4 meter. Kemudian, tinggi pondasi sekitar 1,3 meter. Jika ditotal, ketinggian pondasi berikut ornamennya sekitar 4 meter.

Planter dan ornamen yang ada sengaja ditambah dan diubah agar keberadaan patung ikonik tersebut tidak terkesan polos. Untuk pemugaran patung pecel itu, digelontor anggaran sekitar Rp199 juta dari Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) pada APBD 2022.

Berproses : Pengerjaan pemugaran patung pecel Kota Madiun ditarget rampung pertengahan bulan ini.

“Jadi kalau dilihat itu lebih estetik atau cantik,’’ tambahnya.

Andi menyebut, butuh waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikan pengerjaan bangunan tersebut. Patungnya juga dipoles kembali atau dicat ulang karena kondisinya sudah tampak kusam. Selain itu, planter yang telah dibangun bakal ditanami sejumlah tanaman hias yang dapat menambah keindahan patung tersebut.

‘’Karena lokasinya di tengah kota, butuh untuk lebih diperhatikan dari sisi keindahan,’’ tandasnya. (*)