August 15, 2022

Bikin Kota Madiun Terang Benderang, Disperkim Tambah 148 PJU Baru

KOTA MADIUN (Disperkim) –  Kota Madiun bakal semakin terang benderang pada malam hari. Seiring rencana penambahan 148 unit lampu penerangan jalan umum (PJU) tahun ini. Antara lain dipasang di Jalan Bogowonto, Jalan Semendung-Klegen, dan ruas jalan baru mulai Pagu Indah hingga Jalan Terate.

Spesifikasi lampu menggunakan jenis LED 120 watt. Jenis ini dinilai lebih tahan lama, lebih irit, dan lebih terang jika dibandingkan lampu merkuri.

“Bahkan, lampu lama juga diganti LED,” kata Kabid Sarana dan Prasarana Utilitas Umum, Pertamanan, PJU, dan Pemakaman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Andi Anto, Jum’at (17/6).

Semakin Terang : Kota Madiun semakin terang benderang setelah adanya penambahan lampu PJU oleh Disperkim.

Penambahan PJU di Jalan Bogowonto itu ditujukan untuk mendukung pengoperasian Bogowonto Culinary Fest. Sementara, di Pagu Indah–Jalan Terate maupun Semendung–Klegen dimaksudkan untuk penerangan seiring dibangunnya dua ruas jalan tersebut oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) tahun ini.

Tidak hanya menjadikan Kota Madiun kian benderang. Penambahan PJU di titik-titik baru diharapkan dapat menurunkan risiko kecelakaan lalu lintas dan aksi kriminalitas.

Indah : Disperkim tambah lampu PJU di sejumlah titik.

“Kalau semakin terang, tentu mengurangi risiko kejadian yang tidak kita inginkan di jalan, terutama pada malam hari,” ujarnya.

Pihaknya juga menata PJU di sejumlah titik lainnya. Baik yang berkonstruksi tiang maupun yang terpasang di dinding. Pekerjaan itu dilakukan jika ada laporan dari masyarakat.

“Petugas kami siap 24 jam,” pungkasnya. (*)