August 15, 2022

Disperkim Ajak Warga Berwisata Literasi di Library Kids Taman Hijau Demangan

KOTA MADIUN (Disperkim) – Libur akhir pekan sering dimanfaatkan untuk rekreasi. Di Kota Madiun yang lagi tren adalah wisata literasi pendidikan. Lokasinya ada di Library Kids, Taman Hijau Demangan (THD).

Wisata edukasi ini murah meriah. Salah seorang pengunjung, Salsa, warga Kota Madiun mengungkapkan, Kids Library ini sangat membantu dirinya untuk membawa sang buah hati untuk bisa mengisi waktu libur.

Nyaman : Dua orang ibu beserta anak-anaknya sedang memanfaatkan Library Kids di THD.

“Isi liburan sekarang tak perlu jauh-jauh, cukup ke Library Kids. Liburan sekalian belajar,” ujarnya, Sabtu (18/6)

Perpustakan yang ada di Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman itu berkonsep ramah anak. Desain dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun jauh lebih modern dan sangat menarik pengunjung.

Rapi : Library Kids di THD terlihat rapi, indah dan banyak aneka wahana edukasi anak.

Di dalamnya terdapat berbagai macam media permainan edukatif. Permainan itu bisa merangsang motorik anak, sekaligus membudayakan literasi terhadap anak sejak dini. Karena koleksi bukunya lumayan lengkap. Mulai dari dongeng tentang anak, cerita pendek, dan lain sebagainya.

Kabid Sarana dan Prasarana Utilitas Umum, Pertamanan, PJU, dan Pemakaman Disperkim Kota Madiun, Andi Anto mengatakan, Library Kids bukan hanya sebagai tempat untuk membaca buku semata. Sekarang telah berkembang. Bisa digunakan sebagai tempat acara ulang tahun anak skala kecil.

Belajar : Anak usia SD memanfaatkan Library Kids untuk belajar dan menambah wawasan.

Dengan sejumlah modifikasi di sana sini termasuk penambahan wahana bermain anak dan pendingin ruangan. Perpustakaan khusus anak itu sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga menarik minat anak-anak untuk berkunjung. Selain itu, tempat ini terjaga kebersihannya. Karena setiap hari dibersihkan oleh petugas jaga yang ada di tempat tersebut.

“Dapat menumbuhkan kecintaan dan keinginan untuk membaca pada anak-anak yang datang ke Library Kids di Taman Hijau Demangan,” pungkasnya. (*)